Jumat, 28 Desember 2012

Sayuran Hijau Melindungi Wanita dari Kanker Payudara

Salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita adalah kanker payudara, karena termasuk penyakit yang mematikan dan sulit untuk diobati. Sehingga untuk mewaspadai berkembangnya penyakit tersebut pada diri Anda, bentengi tubuh dengan nutrisi karotenoid yang ampuh melawan kanker payudara.
Para ilmuwan menyatakan bahwa wanita yang memiliki tingkat tinggi karotenoid yang berbeda dalam darahnya, memiliki risiko 15 sampai 20 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibanding wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih rendah.
Karotenoid adalah pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna-warna cerah tanaman. Sumber utama karotenoid termasuk wortel, yang kaya alpha-karoten, ubi jalar dan sayuran hijau, yang kaya akan beta-karoten, dan tomat yang kaya akan likopen.
Sayuran hijau juga merupakan sumber yang baik dari lutein zeaxanthin +. Jadi diet kaya karotenoid tinggi dalam buah dan sayuran dapat menawarkan banyak manfaat, termasuk kemungkinan penurunan risiko kanker payudara.
Fungsi karotenoid adalah sebagai antioksidan dan menyerap radikal bebas dari hasil metabolisme yang berlebihan. Jika terlalu banyak radikal bebas dalam darah, hal ini akan menyebabkan stres oksidatif dan stres oksidatif yang berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker.
“Sehingga seseorang memerlukan persediaan antioksidan yang lebih banyak dalam tubuhnya untuk menangkal bahaya radikal bebas,” kata A. Heather Eliassen, penulis studi tersebut dan seorang asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School, seperti dilansir thedoctorwillseeyounow, Senin (17/12/2012).
Salah satu temuan yang menarik adalah bahwa ada hubungan antara tingkat karotenoid dalam darah dengan perkembangan tumor payudara karena estrogen reseptor negatif (ER-). Eliassen menyatakan bahwa tumor payudara karena ER- yang lebih agresif akan lebih sulit diobati, tetapi karotenoid mungkin dapat membantu pengobatan.
Peneliti juga menemukan bahwa karotenoid juga efektif memberikan perlindungan terhadap wanita yang merokok. Nikotin dalam rokok dapat meningkatkan stres oksidatif, tetapi karotenoid masih mampu memberikan perlindungan terhadapnya.
Tetapi hasil penelitian juga menunjukkan bahwa efek perlindungan karotenoid lebih dapat dirasakan oleh wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Kelebihan berat badan merupakan salah satu sumber stres oksidatif yang sulit untuk diatasi jika hanya mengandalkan diet karotenoid saja tanpa disertai usaha penurunan berat badan.
Peneliti merekomendasikan untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran sehat atau diet karotenoid untuk melindungi diri kanker payudara. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar