Selasa, 13 November 2012

Penyebab Telat Menstruasi

Telat menstruasi, Telat haid atau telat datang bulan sering membuat kita khawatir tentang kondisi kita. Ada juga yang khawatir karena telah melakukan hubungan yang di luar nikah. Akan tetapi Kadang kita merasa ketidaknormalan pada siklus kita tersebut atau mungkin bagi pasangan suami-istri mengira jika ini adalah tanda hamil. Padahal belum tentu seorang yang telat menstruasi adalah pertanda hamil.

Penyebab telat menstruasi itu terjadi karena banyak faktor, apa saja faktor penyebab telat haid tersebut bisa kita baca di artikel ini. Penyebab Telat Haid yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut.


Telat Haid

Penyebab Telat Menstruasi

Penyebab Telat Menstruasi - Telat Haid - Telat Datang Bulan

1. Stres
Stres emosional salah satu kemungkinan penyebab tidak adanya menstruasi atau telat menstruasi. Menghilangkan stres adalah cara untuk mendapatkan menstruasi kembali.

2. Ketidakseimbangan hormon.
Sindrom ovarium polikistik adalah bentuk umum dari ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan amenore.

3. Menyusui bayi
Ibu menyusui akan sering mengalami amenore (Amenore adalah tidak terjadinya menstruasi), namun pada kasus ini ovulasi dan kehamilan tetap mungkin saja terjadi walaupun tanpa menstruasi.

4. Kurang gizi
Kurangnya asupan gizi juga salah satu faktor penyebab telat datang bulan. Perempuan yang kekurangan gizi atau sangat kurus sering mengalami amenore . Biasanya Hal ini sering terjadi pada wanita dengan gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia.

5. Penggunaan obat.
Pengunaan Obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi (oral, implan, dan disuntikkan), corticosteriods oral, antidepresan, antipsikotik, tiroid, dan beberapa obat kemoterapi lainnya dapat menyebabkan amenore bagi beberapa wanita.

6. Penyakit kronis
Wanita yang tengah mengalami penyakit atau sakit dengan jangka waktu panjang menstruasinya akan tertunda sampai kondisinya membaik.

7. Tumor
Tumor jinak dapat menyebabkan kelebihan produksi prolaktin yang dapat mengganggu siklus menstruasi anda.

8. Tiroid
Wanita yang memiliki penyakit tiroid juga sering mengalami amenore.

9. Olahraga berat
Olahraga berat atau pelatihan atletik dapat menyebabkan amenore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar