Sabtu, 04 Agustus 2012

Tips Sehat Saat Sahur

Sebagian orang sering melewatkan santap sahur karena alasan mengantuk. Agar tetap sehat menjalani puasa, sebaiknya buang rasa malas, dan persiapkan menu terbaik untuk santap sahur.

Makan sahur adalah saat yang paling penting sebelum melewati puasa selama 14 jam ke depan, makanan yang disantap saat sahur akan memberikan nutrisi penting dan energi yang Anda butuhkan. Menu sahur yang sehat akan membuat puasa Anda berjalan lancar dan tubuh tetap sehat.

1. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, atau keju rendah lemak. Karbohidrat jenis ini akan menambah asupan tenaga. Selain itu sertakan protein seperti daging atau ikan.

2. Tambahkan asupan sahur Anda dengan konsumsi makanan berserat tinggi seperti sereal yang ditambahakan susu rendah lemak atau susu skim. Mengonsumsi jenis makanan ini akan membuat pencernaan tetap sehat dan jauh dari ancaman sembelit.

3. Jangan lupakan buah-buahan segar setelah mengonsumsi makanan utama. Buah yang kaya vitamin akan menambah nutrisi baik bagi tubuh Anda selama berpuasa. Memilih buah yang mengandung banyak air juga bisa menjadi alternatif yang terpuji, kandungan air yang melimpah dalam buah akan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

4. Jika Anda merupakan salah satu penyuka teh, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi teh saat sahur. Bukan tanpa alasan, teh dapat membuat dehidrasi datang lebih cepat. Jauhi juga konsumsi kopi dan minuman bersoda.

5. Untuk menjaga kondisi tubuh, konsumsi suplemen vitamin jika memang diperlukan. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai jenis dan dosisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar