Sabtu, 04 Agustus 2012

Sereal & Kacang Minimalkan Resiko Kanker Pankreas

Sereal dan Kacang Minimalkan Risiko Kanker PankreasDI antara menu sahur dan buka puasa Anda, jangan lupa untuk menyelipkan camilan, tapi ingatlah pada camilan sehat. Sediakan sereal dan kacang-kacangan karena bisa membantu Anda memperkecil risiko kanker pankreas.

Sereal dan kacang-kacangan mungkin membantu memperkecil risiko kanker pankreas karena makanan tersebut mengandung nutrisi antioksidan, menurut sebuah studi oleh ilmuwan Inggris yang diterbitkan pada Selasa (24/7).

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of East Anglia melibatkan 23.500 orang berusia antara 40 dan 74 tahun. Para peserta melaporkan menu makanan harian dengan rincian jenis dan jumlah setiap makanan yang mereka makan, serta sebagai metode yang digunakan untuk mempersiapkannya.

Dalam jurnal Gut, para peneliti melaporkan bahwa mereka yang banyak mengasup vitamin C, E, dan selenium bersama-sama memiliki risiko 67 persen lebih rendah terkena kanker pankreas.

Nutrisi tersebut memang dikenal sebagai antioksidan dan hadir pada beberapa jenis makanan, termasuk sereal, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. "Antioksidan dapat bekerja dengan menetralkan karsinogen dalam asap rokok dan menghalangi radikal bebas beracun yang dibentuk dari produk metabolisme," kata Dr Andrew Hart, pemimpin peneliti dari University of East Anglia. "Mekanisme lain termasuk perlindungan yang mungkin merangsang kekebalan tubuh dalam merespon sistem, "tambahnya.

Diketahui, kanker pankreas membunuh lebih dari seperempat juta orang setiap tahun di seluruh dunia. Jika hubungan antara diet dan risiko kanker pankreas dapat terbukti menjadi kausal dalam studi lebih lanjut, diperkirakan bahwa pola makan yang wajar dapat mencegah lebih dari satu dalam 12 kasus kanker pankreas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar