Rabu, 08 Februari 2012

Kesehatan Gigi

Gigi mempunyai peranan yan penting dalam kehidupan kita seperti berbicara, estetika (keindahan), maupun pengunyahan. Dalam tahap pertumbuhan dan pengembangan, gigi juga mengalami perubahan, mulai dari pertumbuhan gigi sulung sampai menjadi gigi permanen. Pada tahap ini, fungsi gigi pada sebagian orang mengalami penurunan yang disebabkan oleh kelainan pada gigi maupun kelainan pada jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
Kelainan pada gigi meliputi karies (gigi lubang), sedangkan kelainan pada jaringan periodontal meliputi gingivitis (radang gusi). Sebagian besar kelainan pada jaringan periodontal disebabkan oleh karang gigi. Kedua kelainan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada gigi sampai menyebabkan tanggalnya gigi (gigi lepas) sehingga fungsinya juga menurun. Mengingat pentingnya gigi di dalam rongga mulut maka sudah selayaknya kita menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut kita.

Sikat Gigi
Sikat gigi mempunyai bentuk dan model yang bermacam-macam, serta kekerasan bulu yang berbeda-beda. Tips memilih sikat gigi yang baik adalah sebagai berikut:
1. Pilih sikat gigi yang bentuknya lurus baik gagangnya maupun bulu sikatnya, dengan ujung sikat yang bulat.
2. Pilih sikat gigi dengan kekerasan bulu tipe medium (sedang), jangan pilih tipe hard (keras) karena akan melukai gusi atau tipe soft (halus) karena kurang maksimal membersihkan gigi, tetapi jika ada kelainan pada gusi seperti gingivitis sebaiknya menggunakan tipe soft.

Menyikat Gigi
Bila kita menyikat gigi dengan baik maka akan kita peroleh tingkat kebersihan mulut yang maksimal. Berikut ini tips-tips cara menyikat gigi yang baik: 
1. Tempatkan sikat gigi dengan bulu sikat dalam posisi miring membentuk sudut 15 derajat terhadap permukaan gusi.
2. Tekan sikat gigi pada gigi dan gusi serta gerakkan 1 arah ke arah oklusal (tonjol kunyah). Pada rahang atas sikat gigi digerakkan ke bawah sedangkan pada rahang bawah digerakkan ke atas. Begitu juga dengan bagian dalam dari gigi.
3. Untuk bagian oklusal (permukaan kunyah) letakkan sikat gigi dengan bulu sikat tegak lurus pada permukaan gigi dan gerakkan dengan arah maju mundur.
4. Gosoklah gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur.



                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar