Kamis, 19 Januari 2012

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 Puskesmas Rapak Mahang

Puskesmas Rapak Mahang berkeinginan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 diawali dengan adanya komitmen bersama dari semua staf demi peningkatan mutu pelayanan puskesmas.
Keberhasilan penerapan ISO 9001: 2008 tergantung kepada komitmen, bukan hanya di tingkat Top Management, termasuk juga Middle dan Lower Management. Dengan semangat, niat baik serta etos kerja yang tinggi, pada tanggal 12 November 2008 Puskesmas Rapak Mahang berhasil meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dari PT SGS.

Visi
 

Puskesmas berkualitas dan masyarakat mandiri untuk hidup sehat tahun 2015
 

Misi 
1. Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan
2.
Membuat masyarakat memahami dan mau serta mampu melaksanakan hidup sehat.
3.
Memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

Kebijakan Mutu

Untuk mencapai visi dan misi, Puskesmas Rapak Mahang berkomitmen untuk melakukan peningkatan secara berkesinambungan demi tercapainya kepuasan masyarakat, dengan cara :
1. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui:
    a. Tindak lanjut yang cepat dan tepat terhadap keluhan pelanggan.
    b. Melakukan survey kepuasan pelanggan.
    c. Melakukan dialog dengan pelanggan melalui temu pelanggan.
2. Mengembangkan dan menyempurnakan pelayanan dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat.


Manfaat Penerapan ISO 9001:2008

Terselenggaranya ISO 9001:2008 di Puskesmas Rapak Mahang memiliki manfaat :
1. Kepuasan Pelanggan meningkat
2. Pengendalian mutu lebih sistematis
3. Koordinasi lebih baik
4. Ketidaksesuaian terdeteksi sejak awal
5. Konsistensi mutu lebih baik
6. Kepercayaan Pelanggan meningkat
7. Dokumentasi SMM lebih baik
8. Menurunkan biaya kegagalan mutu
9. Banyak peluang perbaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar