Selasa, 27 Desember 2011

Definisi, Fungsi dan Tujuan Puskesmas

1. Definisi Puskesmas :
Menurut Depkes 1991,Suatu kesatuan organisasi fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok.
2. Fungsi Puskesmas:
Fungsi puskesmas itu sendiri meliputi
a. Fungsi Pokok
1) Pusat pengerak pembangunan berwawasan kesehatan Pusat pemberdayaan
2) masyarakat dan keluarga dalam pembangunan kesehatan
3) Pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama

b. Peran Puskesmas
Sebagai lembaga kesehatan yang menjangkau masyarakat diwilayah terkecil dalam hal pengorganisasian masyarakat serta peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan kesehatan secara mandiri.

c. Cara-cara yang ditempuh
1) Merangsang masyarakat termasuk swasta untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka menolong dirinya sendiri.
2) Memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagaimana menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif.
3) Memberikan bantuan teknis
4) Memberikan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat
5) Kerjasama lintas sektor

d. Program Pokok Puskesmas
1) KIA
2) KB
3) Usaha Kesehatan Gizi
4) Kesehatan Lingkungan
5) Pemberantasan dan pencegahan penyakit menular
6) Pengobatan termasuk penaganan darurat karena kecelakaan
7) Promosi kesehatan

e. Satuan Penunjang
1) Puskesmas Pembantu
Pengertian puskesmas pembantu yaitu Unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam rung lingkup wilayah yang lebih kecil
2) Puskesmas Keliling
Pengertian puskesmas Keliling yaitu Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor dan peralatan kesehatan, peralatan komunikasiserta sejumlah tenaga yang berasal dari puskesmas.dengan funsi dan tugas yaitu Memberi pelayanan kesehatan daerah terpencil ,Melakukan penyelidikan KLB,Transport rujukan pasien, Penyuluhan kesehatan dengan audiovisual.
3) Bidan desa
Bagi desa yang belum ada fasilitas pelayanan kesehatan ditempatkan seorang bidan yang bertempat tinggal di desa tersebut dan bertanggung jawab kepada kepala puskesmas.Wilayah kerjanyadengan jumlah penduduk 3.000 orang. Adapun Tugas utama bidan desa yaitu :
a) Membina PSM
b) Memberikan pelayanan
c) Menerima rujukan dari masyarakat

3. Tujuan Puskesmas
Tujuan pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkan kesadaran , kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi orang yang bertempat tinggal diwilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dalam rangka mewujudkan Indonesiam Sehat 2010.

4. Tugas Puskesmas
Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) kesehatan kabupaten / kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunankesehatan disuatu wilayah. Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu , dan berkesinambungan, yang meliputi pelayanan kesehatan perorang (private goods) dan pelayanan kesehatan masyarakat (public goods). Puskesmasw melakukan kegiatan-kegiatan termasuk upaya kesehatan masyarakat sebagai bentuk usaha pembangunan kesehatan.
Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi fungsional yang langsung memberikan pelayanan secara mrnyeluruh kepada masyarakat dalam satu wilayah kerja tertentu dalam bentuk usaha-usaha kesehatan pokok.Jenis pelayan kesehatan disesuaikandengan kemampuan puskesmas, namun terdapat upaya kesehatan wajib yang harus dilaksanakan oleh puskesmas ditambah dengan upaya kesehatan pengembangan yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada serta kemampuan puskesmas.
Upaya-upaya kesehatan wajib tersebut adalah (Basic Six):
a. Upaya promosi kesehatan
b. Upaya kesehatan lingkungan
c. Upaya kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencana
d. Upaya perbaikan gizi masyarakat
e. Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
f. Upaya pengobatan

Minggu, 18 Desember 2011

struktur organisasi puskesmas rapak mahang 2011

Peta wilayah kerja puskesmas rapak mahang

iso 9001

SO 9001 adalah standar internasional yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan anda dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.

Siapakah yang dapat menggunakan ISO 9001?

Setiap jenis organisasi dapat mengambil manfaat dari penerapan atas persyaratan-persyaratan ISO 9001 berdasarkan delapan prinsip-prinsip manajemen :
  • organisasi yang berfokus pada pelanggan
  • kepemimpinan
  • keterlibatan orang
  • pendekatan terhadap proses pendekatan yang sistematik pada manajemen
  • pembuatan keputusan berdasarkan
  • pendekatan nyata
  • hubungan dengan pemasok yang saling menguntungkan
  • peningkatan berkesinambungan

Apa sajakah manfaat-manfaat yang diperoleh dari pendaftaran ISO 9001?

  • Kepuasan pelanggan – dengan penyampaian produk secara konsisten dalam memenuhi persyaratanpersyaratan pelanggan
  • Mengurangi biaya operasional – dengan peningkatan berkesinambungan pada proses-proses dan hasil dari efisiensi operasional
  • Peningkatan hubungan pada pemegang kepentingan – termasuk para staf, pelanggan dan pemasok
  • Persyaratan kepatuhan hukum – dengan pemahaman bagaimana persyaratan suatu peraturan dan perundang-undangan tersebut mempunyai pengaruh tertentu pada suatu organisasi dan para pelanggan anda
  • Peningkatan terhadap pengendalian manajemen resiko – dengan konsistensi secara terus-menerus dan adanya mampu telusur suatu produk dan pelayanan
  • Tercapainya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang dijalankan – dibuktikan dengan adanya verifikasi pihak ketiga yang independen pada standar yang diakui
  • Kemampuan untuk mendapatkan lebih banyak bisnis – khususnya pemenuhan spesifikasi-spesifikasi pengadaan yang membutuhkan sertifikasi sebagai suatu persyaratan untuk melakukan suplai barang dan jasa

Bagaimanakah melakukan pendaftaran sertifikasi ISO 9001?

  • Proses registrasi berikut dengan tiga langkah sederhana:
  • Aplikasi permohonan pendaftaran dilakukan dengan melengkapi kuestioner SMM
  • Asesmen terhadap ISO 9001 yang dilakukan oleh NQA – dimana suatu organisasi haruslah dapat menunjukkan bahwa manajemen mutu yang dilakukannya telah benar-benar berjalan secara minimal dalam jangka waktu tiga bulan sesuai seluruh urutan (siklus) dari audit internal
  • Permohonan pendaftaran disetujui oleh NQA, berikut tahapan selanjutnya harus dilakukan oleh klien. Program tahunan kunjungan audit pengawasan (surveilans) haruslah benar-benar dilaksanakan serta proses sertifikasi ulang setelah tiga tahun masa berlakunya sertifikasi ISO 9001 tersebut.

Peta wilayah kerja puskesmas rapak mahang

Visi, Misi dan Kebijakan Mutu Puskesmas Rapak Mahang

Visi Puskesmas Rapak Mahang: Puskesmas  berkualitas dan masyarakat mandiri untuk hidup sehat tahun 2015” .

Misi Puskesmas Rapak Mahang :
  1. Menggerakkan pembangunan yang berwawasan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Rapak Mahang.
  2.  Membuat masyarakat untuk memahami dan mau serta mampu melaksanakan upaya hidup sehat.
  3. Memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat. 
Kebijakan mutu Puskesmas Rapak Mahang adalah "melakukan peningkatan/perbaikan terus menerus secara konsisten sehingga memenuhi kepuasan pelanggan".

Lokasi dan Sejarah Singkat Puskesmas Rapak Mahang

Puskesmas Rapak Mahang terletak di Jl. Pesut No. 01 B   RT XIV Kelurahan Timbau   kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur, mempunyai 4 wilayah kerja yaitu kelurahan Timbau, Melayu, Bukit Biru, dan Jahab.
Puskesmas Rapak Mahang dibangun pada tahun 1992 dengan lokasi semula terletak di Jl. Patin No. 61 Rapak Mahang Kelurahan Timbau, tetapi pada tahun 2000 dipindahkan  ke lokasi yang baru di  Jl. Pesut  No. 1 B yang merupakan lokasi hingga sekarang ini. Sejak berdirinya Puskesmas Rapak Mahang, hingga saat ini telah  mengalami  beberapa kali pergantian Kepala Puskesmas yaitu :
  1. Sabaruddin (1992-1993)
  2. drg. Nanik Tantiyo (1993-1994)
  3. dr. Efraim Manginte, MPH (1994-Mar 2009)
  4. drg. Andriani Sumaskris (April 2009-13 Peb 2010)
  5. Sukamto, SKM (22 Peb 2010-1 Apr 2011)
  6. Eko Marmono, SKM, M.Kes (1 Apr 2011-sekarang)
Puskesmas Rapak Mahang terdiri dari 2 lantai :
Lantai 1
Dipergunakan untuk Loket Pendaftaran, Loket Obat, Klinik DM, Poli Anak, Poli Kebidanan/KB, Poli Umum/Dewasa, Poli Lansia, Promkes, Pelayanan DOTS, Laboratorium, Perpustakaan dan dapur.
Lantai 2
Dipergunakan untuk Poli Gigi dan Mulut, Klinik Gizi, Poli Imunisasi, Ruang Management Representative, Gudang Obat, Kesehatan Lingkungan, Tata Usaha, UKS, Simpus, Ruang Pertemuan dan Ruang Kepala Puskesmas.